Jenis Gitar Akustik Yang Harus Kamu Ketahui

Gitar bukan hanya jenis senar yang berbeda-beda, gan. Ada banyak jenis gitar akustik yang bisa Anda pilih. 

Dari segi ukuran, ada gitar kecil dan gitar besar. Lalu ada juga gitar akustik elektrik. Nah, mari kita langsung saja chordtela.co.id perkenalkan 1 jenis gitar.

1. Tipe concert dan gitar

Udah ada sejak tahun 1854. Umumnya memiliki ukuran sekitar 13 inci dan menghasilkan suara dengan range oktaf sedangUkurannya yang lebih kecil membuatnya nyaman dimainkan oleh musisi yang memiliki tubuh lebih kecil.

Sedangkan tubuh prom mayor sedikit lebih besar, umumnya sekitar 14 hingga 14 derajat. Masih dalam oktaf sedang, tapi lebih keras.

2. Gitar Auditorium Auditorium Grand Auditorium

adalah gitar akustik standar ukuran sedang dengan braket bawah yang lebih kecil. Gitar ballroom terkadang disebut gitar “orkestra”. Gitar yang kembali dalam beberapa dekade terakhir menyeimbangkan volume, nada, dan kenyamanan.

Di sisi lain, gitar Great Hall umumnya berukuran 16 inci dengan lekukan kecil yang memberi mereka bentuk jam pasir. Jenis gitar ini memiliki jangkauan volume yang lebih luas dan nada yang lebih seimbang daripada versi yang lebih kecil.

3. Dreadnought

Dreadnoughts memiliki flat bawah yang berbeda, braket bawah yang lebar, dan 14 fret. Dreadnought pertama dikembangkan pada tahun 1916, dan popularitasnya meningkat sejak saat itu. Dreadnoughts sangat populer di kalangan gitaris bluegrass karena suaranya yang kuat.

4. Jumbo

Gitar besar ini bisa sampai 17″ dan sering dianggap sebagai gitar standar “koboi”. Gitar akustik ini mengeluarkan suara yang keras dan beresonansi dalam.

5. Akustik perjalanan

dan kecil Gitar akustik ini cocok untuk gitaris kecil, musisi yang sering bepergian  suara. Kebanyakan

Gitar ini dirancang untuk kenyamanan pemain yang lebih kecil, dan untuk kenyamanan saat bepergian. Sekarang banyak produsen gitar membuat gitar akustik yang lebih kecil yang tidak mengorbankan kualitas atau

gitar akustik kecil menggunakan yang sama bentuk sebagai gitar akustik standar, kira-kira skala 3/4, dengan 18 hingga 20 frit.